''Bongbang'' Kesenian masyarakat Panjalu dan Panumbangan

Assalamualaikum sobat semua,,ketemu lagi bersama saya harysukasuka,semoga kabar nya sehat semua aamiin (sekali-kali pake salam asyik juga .hee),,

Oke sobat kita langsung saja,sebelumnya saya sudah menuliskan sebuah artikel wangsit prabu borosngora di mana wangsitnya kepada kita semua sangat bermanfaat.Untuk saat ini saya akan menulis kembali sebuah artikel yang masih berhubungan dengan sejarah panjalu ciamis,yaitu Kesenian Bongbang.

Lahirnya jenis kesenian Bongbang di daerah Panumbangan.Menurut kisah serta  cerita rakyat di daerah Panumbangan dan Panjalu yaitu ketika Bongbang Larang dan Bongbang Kencana mengabdi di Aki Grahang.Sewaktu Bongbang Larang dan Bongbang Kencana tinggal di daerah Panumbangan kedua kakak-beradik itu sangat senang bergaul dengan masyarakat setempat.Di dalam pergaulannya,selain bercocok tanam juga malam hari nya suka menyaksikan ronggeng tayub yang datang dari cirebon.

Setelah melihat pagelaran,ada hal yang tidak berkenan di dalam hatinya karena tariannya berpasangan antara laki-laki dan wanita,maka Bongbang Larang menciptakan tarian tanpa wanita,jadi yang menarinya laki-laki dengan memperlihatkan gerak yang lebih manis sesuai dengan kelelakiannya.

Dengan memilih lagu-lagu tertentu seperti lagu Kebojiro dan Buncis untuk pembukaan,Papalayon Buhun,Jaging,Dengkleung,Renggong Buyut,dan sebagainya.Tari baru ini mendapat sambutan dari masyarakat di banding dengan Ronggeng Tayub kaleran.Pagelaran seni ini disebut Bongbang sesuai nama penciptanya.

nah itu dia asal muasal lahirnya kesenian Bongbang yang berkembang di sekitaran panumbangan dan panjalu ciamis.semoga budaya seperti ini tetep terus berkembang dan tidak hilang di telan jaman,.

Semoga bermanfaat,..
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: ''Bongbang'' Kesenian masyarakat Panjalu dan Panumbangan
Ditulis Oleh Hary Muhlia
DILARANG KERAS Copy Paste 100% artikel ini!!! Artikel ini dilindungi dengan setifikat DMCA.com Protection Status Protected, silahkan edit minimal 60% adalah hasil narasi anda sendiri dan jangan lupa sertakan link yang menuju ke artikel ''Bongbang'' Kesenian masyarakat Panjalu dan Panumbangan ini sebagai sumbernya. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

Bagikan ke

Iklan Anda
Berkomentar dengan
atau
silahkan tentukan pilihan sobat!

6 komentar:

  1. PD. HR Mulya adalah Toko Grosir yang berlokasi Di Panumbangan Ciamis, Menjual Rupa-rupa Tikar Plastik Cap Singa Laut, Kupu-kupu, Jangkar, spon evamats, konveksi, terpal, Panci Cor Almunium, Halco, Orchid, Dll Kami juga melayani partai besar ready stock dengan harga yang bersaing.

    BalasHapus
  2. makasih ya gan untuk infonya

    BalasHapus
  3. bagus sekali info nya
    sangat menarik
    terimakasih

    BalasHapus
  4. nice postnya gan di tunggu yang berikutnya

    BalasHapus
  5. makasih gan infonya dan salam sukses

    BalasHapus
  6. semoga dapat dilestarikan keseniannya

    BalasHapus

1.Jangan lupa koment yah kawan,untuk mempererat silaturahim.
2.Komentar Tanpa Moderasi. Yang mau pasang Link,gunakan NAME/URL atau Open ID.
3.Silahkan kawan becanda,asal dengan etika.
4.Terimakasih kunjungan dan komentarnya kawan,Mohon maaf jika belum bisa berkunjung balik
5.Tetap tersenyum meskipun sedih.

© 2013 Harysukasuka - All Rights Reserved | Disclaimer | Privacy Policy
Template by IdleCreative
Back to Top