Kuliner Balikpapan

Kuliner Balikpapan - Baiklah sobat semuanya, Sebelum melangkah lebih jauh tentang Kuliner Balikpapan,ada baiknya kita mengenal dulu apa yang disebut dengan Kuliner dan apa itu Balikpapan,seperti yang saya dapatkan dari berbagai sumber bahwa Kuliner adalah hasil olahan yang berupa masakan. Masakan tersebut berupa lauk pauk, makanan (penganan), dan minuman. Karena setiap daerah memiliki cita rasa tersendiri, maka tak heran  jika setiap daerah memiliki tradisi kuliner yang berbeda – beda. Kuliner merupakan sebuah gaya hidup yang tidak dapat dipisahkan. Karena setiap orang memerlukan makanan yang sangat dibutuhkan sehari-hari. Mulai dari makanan yang sederhana hingga makanan yang berkelas tinggi dan mewah. Semua itu, membutuhkan pengolahan yang serba enak.

Sedangkan Balikpapan atau kota Balikpapan menurut wikipedia adalah merupakan salah satu kota di Kalimantan Timur (Kaltim), Indonesia. Balikpapan itu sendiri memiliki penduduk sekitar 668.070 jiwa, yang merupakan 22 % dari keseluruhan penduduk Kaltim. Balikpapan merupakan kota dengan biaya hidup termahal se-Indonesia.Logo dari kota yang sering disebut Kota Minyak (Banua Patra) dan Bumi Manuntung ini adalah beruang madu, maskot Balikpapan yang mulai di ambang kepunahan. Nama asli Balikpapan adalah Billipapan atau Balikkappan(logat Banjar).

Setelah kita tahu arti dari masing-masing kata di atas antara Kuliner Dan Balikpapan, maka kita dapat mengambil Kesimpulannya bahwa Kuliner Balikpapan adalah kurang lebihnya yaitu Masakan berupa lauk pauk, makanan (penganan), dan minuman yang berasal dari daerah atau kota Balikpapan yang terletak di provinsi Kalimantan Timur Indonesia.Selain dari kota tersebut,Indonesia juga terkenal mempunya banyak sekali Kuliner dari daerah lain yang siapa tahu dapat menginspirasi anda untuk mencoba kuliner-kuliner dari daerah lain.

Kuliner Balikpapan Di Rumah Makan Torani

Setelah menjelaskan arti dari masing-masing kata antara kuliner dan Balikpapan,selanjutnya saya akan mencoba meriview dan memberikan beberapa informasi tentang rumah makan Torani yang bisa anda kunjungi sebagai Paket Wisata Kuliner Jika anda pergi ke kota Balikpapan.Rumah Makan Torani (RM Torani) adalah sebagai salah satu pusat kuliner yang ada di Kota Balikpapan.RM. Torani terletak di Jl. Jendral Sudirman, kompleks Rumah Tahanan Stal Kuda, pas di seberangnya Pengadilan Negeri Balikpapan.

Rumah Makan Torani yang berada di bilangan Stall Kuda Balikpapan awalnya berdiri pada tanggal 5 April 2007, namun sebelum berdiri menjadi sebuah Rumah Makan, pada bulan Maret 2006 telah mencoba untuk  menjual Ikan Bandeng Tanpa Duri beku yang pemasarannya ke seluruh Rumah Makan yang berada di Balikpapan.Akan tetapi penjualan ikan bandeng tanpa duri beku ini tidak membuahkan hasil dengan berbagai macam penolakan-penolakan yang sebagian besar adalah rasa ketidak percayaan terhadap ikan bandeng yang kaya akan jumlah durinya dan menjadi tidak ada duri sama sekali.RM.Torani juga di kenal sebagai rumah makan spesialisasi Bandeng Bakar Tanpa Duri, Kepiting Saos & Steamboat dan lain-lain.Sedangkan yang  paling digemari di Torani adalah Bandeng Tanpa Duri, meski nampak sederhana, telah menyita banyak selera pengunjung.

Menu-menu yang ada di rumah makan Torani

Selain menu-menu yang telah disebutkan diatas,Menu lain yang juga menjadi andalan dai Rumah Makn Torani ialah kepiting saos, pepes kepiting, kepiting soka, steamboat, dan aneka seafood segar lainnya. Harga menu makanannya mulai dari tujuh ribu rupiah. Untuk kalangan seafood di Balikpapan, RM Torani tergolong restoran seafood yang murah meriah dan lezat.Untuk menambah dan menggugah selera anda untuk mengunjungi Kuliner Balikpapan di Rumah Makan Torani,disini saya akan menyediakan screenshoot nya dari menu andalan di rumah makan tersebut.

rumah makan torani
Bandeng Tanpa Duri
rumah makan torani
Kepiting Saos
rumah makan torani
Steamboat
rumah makan torani
Pepes Kepiting
rumah makan torani
Kepiting Soka
Selain Menu makanan andalan di atasa,rumah makan Torani tentunya menyediakan menu-menu yang lain yang tidak kalah nikmatnya dengan menu tersebut,dan tentunya menu bebagai jenis minuman pun tersedia di rumah makan ini,seperti teh manis,es jeruk,teh botol dan lain-lain.

Daftar Harga Di Rumah Makan Torani

Dibawah ini saya akan mencoba untuk memberikan sedikit list atau daftar harga yang di sediakan oleh rumah makan Torani sebagai salah satu rumah makan yang menyediakan Kuliner Khas Balikpapan

Ayam Rica-Rica Rp. 32.500
Ayam Saus Padang Rp. 35.000
Ayam Saus Mentega Rp. 32.500
Ayam Saus Torani Rp. 32.500
Dada Penyet Rp. 19.000
Paha Penyet Rp. 17.000
Dada bakar Rp. 17.000
Paha Bakar Rp. 15.000
Ayam Saus Asam Pedas Rp. 32.500
Ayam Saus Asam Manis Rp. 32.500

Bandeng Goreng Krispi Kecil Rp. 24.000
Bandeng Goreng Krispi Sedang Rp. 29.000
Bandeng Bakar Kecil Rp. 23.000
Bandeng Bakar Sedang Rp. 28.000
Bandeng Bakar Besar Rp. 38.000
Bandeng Bakar Super Rp. 45.000
Bandeng Goreng Krispi Besar Rp. 40.000
Bandeng Goreng Krispi Super Rp. 47.000

Daftar harga di atas tentunya belum semuanya di tampilkan,karena masih banyak lagi menu-menu yang lain yang telah di sediakan oleh rumah makan tersebut,dan yang jelas dengan harga yang terjangkau tentunya.Oke mungkin itu sata ulasan saya tentang Kuliner,semoga apa yang sudah saya share bisa bermanfaat buat anda,khususnya bagi pecinta wisata kuliner.Terimakasih dan salam sukses.

RM. Torani Jl. Jendral Sudirman, kompleks Rumah Tahanan Stal Kuda, Seberang Pengadilan Negeri Balikpapan,Kalimantan Timur Indonesia Telp : 0542 - 761 250

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Kuliner Balikpapan
Ditulis Oleh Hary Muhlia
DILARANG KERAS Copy Paste 100% artikel ini!!! Artikel ini dilindungi dengan setifikat DMCA.com Protection Status Protected, silahkan edit minimal 60% adalah hasil narasi anda sendiri dan jangan lupa sertakan link yang menuju ke artikel Kuliner Balikpapan ini sebagai sumbernya. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

Bagikan ke

Iklan Anda
Berkomentar dengan
atau
silahkan tentukan pilihan sobat!

11 komentar:

  1. terimakasih sob sudah berbagi tentang kuliner Balikpapan, itu letaknya jauh apa deket dari Balikpapan Super Blok... nanti saya kpan - kapan mampir dah ke RM ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. y kang sama2,,tp sy belum pernah k sana,cuma rujukan saja kang,,silahkan mampir k rm makan torani jika k balikpapan

      Hapus
  2. Sedapnya kuliner Balikpapan nih, jadi ngiler pula. Lengkap dengan resepnya, jadi bisa coba membuatnya dirumah. Hhhhmmmm... :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hee,,,silahkan sob,,yg enak pastinya

      Hapus
  3. belum pernah nyobain,,, jadi ngiler,, hihi

    BalasHapus
  4. Waahhh pengen deh cobain kulinernya. Penasaran sekali sama rasanya, pasti enak dan lezat.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
    Informasi Seputar Indonesia

    BalasHapus
  5. makasih ya gan untuk infonya

    BalasHapus
  6. yummy, pengen banget maen kesana :)

    BalasHapus
  7. maknyus semua kayaknya mampir di warung kita juga ya sablon gelas plastik di bali

    BalasHapus

1.Jangan lupa koment yah kawan,untuk mempererat silaturahim.
2.Komentar Tanpa Moderasi. Yang mau pasang Link,gunakan NAME/URL atau Open ID.
3.Silahkan kawan becanda,asal dengan etika.
4.Terimakasih kunjungan dan komentarnya kawan,Mohon maaf jika belum bisa berkunjung balik
5.Tetap tersenyum meskipun sedih.

© 2013 Harysukasuka - All Rights Reserved | Disclaimer | Privacy Policy
Template by IdleCreative
Back to Top