Cukang Taneuh "Green Canyon" nya Indonesia Ada Di Pangandaran

Cukang Taneuh, Green Canyon-nya Indonesia - Assalamualaikum,. Sebelum nya anda tentu kenal dengan Grand Canyon atau bisa disebut Ngarai Besar adalah sebuah ngarai tebing-terjal, yang terbentuk oleh Sungai Colorado, di utara Arizona. Ngarai ini merupakan satu dari Tujuh Keajaiban Dunia dan sebagian besar berada di Taman Nasional Grand Canyon. Menjelang libur akhir tahun dan tahun baru 2015, wisata ini sangat saya rekomendasikan untuk anda kunjungi.

Jika anda merasa terlalu jauh berkunjung ke Grand Canyon yang ada di Amerika sana, sekarang Anda tidak perlu terlalu kecewa lagi. Indonesia ternyata juga memiliki Green Canyon sendiri yang tak kalah cantiknya. Sebenarnya tempat ini punya nama asli yaitu Cukang Taneuh. Nama Green Canyon sendiri dipopulerkan oleh seorang warga Perancis pada tahun 1993. Sedangkan Cukang Taneuh punya arti yaitu jembatan tanah. Hal itu dikarenakan di atas lembah dan jurang Green Canyon terdapat jembatan dari tanah yang digunakan oleh para petani di sekitar sana untuk menuju kebun mereka.

Green Canyon Indonesia ini terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Pangandaran, Ciamis Jawa Barat. Dari Kota Ciamis sendiri berjarak sekitar 130 km atau jika dari Pangandaran berjarak sekitar 31 km. Di dekat objek wisata ini terdapat objek wisata Batukaras serta Lapangan Terbang Nusawiru.

Photo By Green Canyon Group Facebook Pada Sabtu, 22 Mei 2010 08:47 WIB 
Objek wisata mengagumkan ini sebenarnya merupakan aliran dari sungai Cijulang yang melintas menembus gua yang penuh dengan keindahan pesona stalaktif dan stalakmitnya. Selain itu daerah ini juga diapit oleh dua bukit, juga dengan banyaknya bebatuan dan rerimbunan pepohonan. Semuanya itu membentuk seperti suatu lukisan alam yang begitu unik dan begitu menantang untuk dijelajahi.

Untuk mencapai lokasi ini wisatawan harus berangkat dari dermaga Ciseureuh. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan perahu tempel atau kayuh yang banyak tersedia di sana. Jarak antara dermaga dengan lokasi Green Canyon sekitar 3km, yang bisa ditempuh dalam waktu 30-45 menit. Sepanjang perjalanan kita akan melewati sungai dengan air berwarna hijau tosca. Mungkin dari sinilah nama Green Canyon berasal.

Begitu terlihat jeram dengan alur yang sempit yang sulit dilewati oleh perahu berarti sudah sampai di mulut Green Canyon, di mana airnya sangat jernih berwarna kebiru-biruan. Di sinilah awal petualangan menjelajah keindahan objek wisata ini dimulai. Dari sini wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke atas dengan berenang atau merayap di tepi batu. Disediakan ban dan pelampung bagi yang memilih untuk berenang. Meski harus menempuh cara seperti ini, perjalanan dijamin sepenuhnya aman. Bahkan untuk anak-anak 6 tahun ke atas cukup aman untuk menyusuri aliran sungai dengan menggunakan ban dan dipandu oleh pemilik perahu yang disewa.

Photo By Green Canyon Group Facebook Pada Sabtu, 22 Mei 2010 08:49 WIB 
Perjalanan akan terus berada dalam cekungan dinding terjal di kanan kiri aliran sungai. Dinding-dinding untuk menyajikan keindahan tersendiri, yang paling unik berbentuk menyerupai sebuah gua yang atapnya sudah runtuh. Selain itu di bagian atas beberapa kali pengunjung akan melewati stalaktit-stalaktit yang masih dialiri tetesan air tanah. Setelah beberapa ratus meter berenang, akan terlihat beberapa air terjun kecil di bagian kiri kanan yang begitu menawan. Jika diteruskan berenang maka pengunjung akan sampai pada ujung jalan, di mana terdapat gua yang dihuni oleh banyak kelelawar.

Baca Juga: Tempat-tempat Ziarah Di Panjalu Ciamis
Alur aliran sungai ini cukup panjang, sehingga pengunjung dapat berenang sepuas-puasnya sambil mengikuti arus dari air terjun. Selain pemandangan indah di atas permukaan air, Green Canyon akan menjadi surga tersendiri bagi yang suka menyelam. Tinggal membawa beberapa alat selam, pemandangan menakjubkan cekungan-cekungan di dalam air siap untuk ditelusuri dan dinikmati, lengkap dengan beragamnya ikan-ikan yang berenang ke sana kemari di dasar lubuk. Bagi yang suka menantang adrenalin, dapat meloncat dari sebuah batu besar dengan ketinggian 5m ke dasar lubuk yang dalam.

By Sumarwoto Pada Minggu, 31 Agustus 2014 10:57 WIB 
Bagi Anda yang benar-benar ingin menikmati keindahan objek wisata Green Canyon harus paham dengan musim-musimnya. Karena saat terbaik untuk bisa menikmati keindahaan objek wisata ini adalah beberapa saat setelah masuk musim kemarau. Karena jika pada musim hujan, dikhawatirkan deras sungai dan warna airnya pun akan menjadi coklat.

Video Cuplikan Green Canyon


Sebelum Anda memutuskan untuk ke Green Canyon, sebaiknya terlebih dahulu menyiapkan uang tunai yang cukup. Pasalnya, disana tidakada bank atau ATM. Untuk ATM, tempat penginapan dan fasilitas akomodasi yang lengkap bisa Anda dapatkan di Pangandaran.

Untuk akses berperahu, disana tersedia armada perahu yang cukup banyak. Ada sekitar 100 unit perahu yang dapat mengantarkan Anda untuk menelusuri objek wisata ini. Pada setiap perahu akan dilengkapi seorang juru dan tugas batu untuk memandu Anda dalam perjalanan.

Rute perjalanan yang harus ditempuh untuk menuju Green Canyon yaitu :


Dari JAKARTA dan BANDUNG,

Anda bisa mengikuti Rute Arah ke Jawa Tengah dengan melalui Kota Tasik-Ciamis Kota-Kota Banjar- Pangandaran.

Dari JAWA TIMUR dan JAWA TENGAH,

Untuk JAWA TIMUR anda dapat menuju Arah JAWA TENGAH terlebih dahulu, lalu dilanjutkan untuk mengambil jalur ke Jawa Barat dengan mengikuti jalur Arah (Purworejo-Kebumen-Wangon-Banjar- Pangandaran-Ciamis).

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum, tentunya tidak usah repot memikirkan rute. Karena sopir akan membawa Anda Langsung ke Pangandaran(Green Canyon). Tapi yang perlu diperhatikan yaitu tempat Anda Menginap disana, anda bisa memilih penginapan yang terdapat di hotel-hotel yang tersedia banyak di Pangandaran atau bisa juga menginap di objek wisata Batukaras yang sangat berdekatan dengan Green Canyon. (untuk data informasi hotel anda bisa lihat pada list hotel yang tesedia di situs www.mypangandaran.com).

Selamat Menikmati Liburan Panjang dengan Keluarga Anda, Kunjungi dan Nikmati Potensi Objek Wisata Kabupaten Ciamis yang lain, yang tidak kalah menariknya dengan Green Canyon.

TIKET MASUK OBJEK WISATA CUKANG TANEUH (GREEN CANYON)

  • Tiket Perahu Rp.125.000,-
  • Kapasitas 1 perahu isi maks 6 orang,
  • Balita terhitung 1 orang
  • Buka setiap hari jam 08.00-17.00 WIB
  • Hari jum`at buka mulai jam 13.00 WIB
Mungkin itu saja informasi saya mengenai Cukang Taneuh "Green Canyon" nya Indonesia Ada Di Pangandaran, semoga apa yang sudah saya share bisa menjadi referensi wisata anda dan keluarga yang ingin mengisi liburan akhir tahun.

Sumber: Mypangandaran.Com
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Cukang Taneuh "Green Canyon" nya Indonesia Ada Di Pangandaran
Ditulis Oleh Hary Muhlia
DILARANG KERAS Copy Paste 100% artikel ini!!! Artikel ini dilindungi dengan setifikat DMCA.com Protection Status Protected, silahkan edit minimal 60% adalah hasil narasi anda sendiri dan jangan lupa sertakan link yang menuju ke artikel Cukang Taneuh "Green Canyon" nya Indonesia Ada Di Pangandaran ini sebagai sumbernya. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

Bagikan ke

Iklan Anda
Berkomentar dengan
atau
silahkan tentukan pilihan sobat!

20 komentar:

  1. Sayang sekali, saat menjelang liburan akhir tahun 2014 ini, saya tidak mempunyai cukup dana untuk sampai ke sungai Cijulang, Green Canyon.
    Mungkin nanti kalau teman saya, Kang +Hary Muhlia, sudah gajian dari mbah Google, dan saya diajak, saya segera sampai ke Green Canyon nya Indonesia, dan menginap di Hotel Batukaras, bukan batu Black Opal tentunya.

    Terima kasih kang Hary Muhlia atas traktiran wisata ke Green Canyon nya.

    Salam Blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. haa,,, iya kang insyaalah kalau ada rezeki,, doakan saja..

      Hapus
    2. kira kira saya bisa ke Cukang Taneuh "Green Canyon" nya Indonesia Ada Di Pangandaran itu, seperti kang marlon ya mas hary..? tempatnya adem sejuk hijau dan rindang.. oh ya maaf mau tanya kang marlon blog yang aktif nya yang mana kang marlon saya kesulitan dan nyasar terus komentar di akang. soalnya lnk blog yang ada di goole plus kang marlon blog orang semua. blog akang nya yang mana coba.?

      Hapus
    3. iya tuh mana kang blog nya..? hee

      Hapus
  2. cantik banget tempatnya.. tapi jauh banget yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih jauh mana sama Amerika,,hayooo...?

      Hapus
  3. Green Canyon memang sangat indah namun kalau kesana jangan pas musim hujan. Juga kalau musim liburan ngantri tiketnya jadi panjang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget, kadang kalau musim hujan kali nya banjir melebihi batas normal

      Hapus
  4. salam siang jelang sore mas hary : sungguh sangat indah nanelok panorama keindahan Cukang Taneuh "Green Canyon" nya Indonesia Ada Di Pangandaran, kapan saya bisa berdarma wisata kesan ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga secepatnya,, aamiin,, nanti kita bisa ketemuan...

      Hapus
  5. Pangandaran memang terkenal punya banyak wisata kerennya yaa. Kalau yang ini saya baru dengar nih. Keren juga ya. Kaya di luar negeri Hohoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyss,,, yg nsmsin jugs orsng luar.. silahkan berkunjung

      Hapus
  6. wuiiihhh muantab bangeett....kapan bisa kesana ya gan? semoga ada rejeki lebih dan ada waktu kesana, doakan ya gan. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin,,, semoga tercapai doanya dan sehingga bisa berkunjung

      Hapus
  7. woww, amazing banget
    harus jadi prioritas kunjungan neh...manteb gan

    BalasHapus
  8. keren artikelnya
    menarik dan bermanfaat
    terima kasih banyak

    BalasHapus
  9. waw, subhanalloh, ternyata kita juga punya tempat yang indah nya nggak kalah dengan luar negeri tinggal pemdanya ini yang harus mengelola dengan cerdas.

    BalasHapus

1.Jangan lupa koment yah kawan,untuk mempererat silaturahim.
2.Komentar Tanpa Moderasi. Yang mau pasang Link,gunakan NAME/URL atau Open ID.
3.Silahkan kawan becanda,asal dengan etika.
4.Terimakasih kunjungan dan komentarnya kawan,Mohon maaf jika belum bisa berkunjung balik
5.Tetap tersenyum meskipun sedih.

© 2013 Harysukasuka - All Rights Reserved | Disclaimer | Privacy Policy
Template by IdleCreative
Back to Top