Jokowarino.id Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia

Jokowarino.id Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia - Assalamualaikum sahabat semuanya, semoga hari ini anda semua dalam keadaan sehat walafiat aamiin. Untuk postingan sekarang ini saya akan mencoba sedikit mengulas tentang Pertanian Indonesia. Dalam ulasan ini saya akan mengambil dan mengedit ulang dari Wikipedia tentang Pertanian yang selama ini kita ketahui dengan tujuan bisa berbagi meskipun hanya repost saja.

Adapun referensi situs pertanian tidak hanya dari Wikipedia saja, akan tetapi saya juga akan merekomendasikan situs Jokowarino.id Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia. Di situs beliau terdapat berbagai informasi menarik dan bermanfaat seputar pertanian. Anda bisa belajar cara cocok tanam yang baik, dan belajar cara-cara lain bertani yang pastinya mudah di pahami dan di praktekan. Berikut di bawah ini sedikit penjabaran tentang Pertanian dari Wikipedia Indonesia.

Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia

PERTANIAN

Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya. Bagian terbesar penduduk dunia bermata pencaharian dalam bidang-bidang di lingkup pertanian, namun pertanian hanya menyumbang 4% dari PDB dunia.

Sejarah Indonesia sejak masa kolonial sampai sekarang tidak dapat dipisahkan dari sektor pertanian dan perkebunan, karena sektor - sektor ini memiliki arti yang sangat penting dalam menentukan pembentukan berbagai realitas ekonomi dan sosial masyarakat di berbagai wilayah Indonesia. "Petani" adalah sebutan bagi mereka yang menyelenggarakan usaha tani, sebagai contoh "petani tembakau" atau "petani ikan". Pelaku budidaya hewan ternak (livestock) secara khusus disebut sebagai peternak.

Cakupan pertanian

Pertanian dalam pengertian yang luas mencakup semua kegiatan yang melibatkan pemanfaatan makhluk hidup (termasuk tanaman, hewan, dan mikrobia) untuk kepentingan manusia. Dalam arti sempit, pertanian diartikan sebagai kegiatan pembudidayaan tanaman. Usaha pertanian diberi nama khusus untuk subjek usaha tani tertentu.

Kehutanan adalah usaha tani dengan subjek tumbuhan (biasanya pohon) dan diusahakan pada lahan yang setengah liar atau liar (hutan). Peternakan menggunakan subjek hewan darat kering (khususnya semua vertebrata kecuali ikan dan amfibia) atau serangga (misalnya lebah). Perikanan memiliki subjek hewan perairan (termasuk amfibia dan semua non-vertebrata air).

Semua usaha pertanian pada dasarnya adalah kegiatan ekonomi sehingga memerlukan dasar-dasar pengetahuan yang sama akan pengelolaan tempat usaha, pemilihan benih/bibit, metode budidaya, pengumpulan hasil, distribusi produk, pengolahan dan pengemasan produk, dan pemasaran. Apabila seorang petani memandang semua aspek ini dengan pertimbangan efisiensi untuk mencapai keuntungan maksimal maka ia melakukan pertanian intensif (intensive farming). Usaha pertanian yang dipandang dengan cara ini dikenal sebagai agribisnis.

Sejarah singkat pertanian dunia

Jokowarino.id Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia - Kegiatan pertanian (budidaya tanaman dan ternak) merupakan salah satu kegiatan yang paling awal dikenal peradaban manusia dan mengubah total bentuk kebudayaan. Para ahli prasejarah umumnya bersepakat bahwa pertanian pertama kali berkembang sekitar 12.000 tahun yang lalu dari kebudayaan di daerah "bulan sabit yang subur" di Timur Tengah, yang meliputi daerah lembah Sungai Tigris dan Eufrat terus memanjang ke barat hingga daerah Suriah dan Yordania sekarang.

Bukti-bukti yang pertama kali dijumpai menunjukkan adanya budidaya tanaman biji-bijian (serealia, terutama gandum kuna seperti emmer) dan polong-polongan di daerah tersebut. Pada saat itu, 2000 tahun setelah berakhirnya Zaman Es terakhir di era Pleistosen, di dearah ini banyak dijumpai hutan dan padang yang sangat cocok bagi mulainya pertanian.

Pertanian telah dikenal oleh masyarakat yang telah mencapai kebudayaan batu muda (neolitikum), perunggu dan megalitikum. Pertanian mengubah bentuk-bentuk kepercayaan, dari pemujaan terhadap dewa-dewa perburuan menjadi pemujaan terhadap dewa-dewa perlambang kesuburan dan ketersediaan pangan.

Mungkin itu saja ulasan saya tentang Pertanian, semoga bisa bermanfaat buat kita semua. Jika anda ingin tahu lebih lanjut silahkan kunjungi http://id.wikipedia.org/wiki/Pertanian atau jika ingin tips dan trik pertanian silahkan mampir ke ulasan saya tentang Jokowarino.id Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia. Disana anda akan di referensikan tentang situs tersebut. Terimakasih Dan salam Sukses.
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Jokowarino.id Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia
Ditulis Oleh Hary Muhlia
DILARANG KERAS Copy Paste 100% artikel ini!!! Artikel ini dilindungi dengan setifikat DMCA.com Protection Status Protected, silahkan edit minimal 60% adalah hasil narasi anda sendiri dan jangan lupa sertakan link yang menuju ke artikel Jokowarino.id Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia ini sebagai sumbernya. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

Bagikan ke

Iklan Anda
Berkomentar dengan
atau
silahkan tentukan pilihan sobat!

1 komentar:

1.Jangan lupa koment yah kawan,untuk mempererat silaturahim.
2.Komentar Tanpa Moderasi. Yang mau pasang Link,gunakan NAME/URL atau Open ID.
3.Silahkan kawan becanda,asal dengan etika.
4.Terimakasih kunjungan dan komentarnya kawan,Mohon maaf jika belum bisa berkunjung balik
5.Tetap tersenyum meskipun sedih.

© 2013 Harysukasuka - All Rights Reserved | Disclaimer | Privacy Policy
Template by IdleCreative
Back to Top