Awal Mula Tahun Kabisat Terbentuk Pada Penanggalan Di Kalender

Awal Mula Tahun Kabisat Terbentuk Pada Penanggalan Di Kalender - Assalamualaikum sahabat semuanya, semoga dalam keadaan sehat walafiat aamii,. Dilansir dari situs Merdeka.com bahwa Awal Mula tahun kabisat adalah dimana Setiap empat tahun sekali, selalu ada yang berbeda di bulan Februari seperti yang terjadi pada tahun 2016 ini. Pada umumnya bulan Februari hanya sampai tanggal 28, namun setiap empat tahun waktu di bulan Februari bertambah satu hari yaitu sampai tanggal 29. Penambahan satu hari ini berpengaruh pula terhadap penambahan hari dalam hitungan satu tahun dari 365 menjadi 366 hari. Hal inilah yang disebut tahun kabisat.

Secara umum, tahun kabisat bisa dimaknai sebagai tahun yang bisa dibagi dengan angka empat. Keunikan tahun kabisat ini ternyata sudah ada sejak ribuan tahun lalu pada zaman Julius Caesar yang memimpin Kekaisaran Romawi.
Awal Mula Tahun Kabisat Terbentuk
Kalender 29 Hari/ Credit Foto By Masbadar.com
Penentuan tahun kabisat ini bermula dari kebingungan soal penanggalan yang tidak tepat di mana bumi membutuhkan waktu yang tidak tepat 365 hari untuk mengelilingi matahari. Sebenarnya, bumi butuh waktu 365-seperempat hari.

Pada saat itu, Julius Caesar meminta seorang ahli perbintangan, Sosigenes untuk membuat penanggalan yang benar dan tetap. Setelah ditelusuri, ternyata satu tahun di bumi berjumlah 365,25 hari. Agar lebih mudah, Sosigenes menggenapkannya menjadi 365 hari. Lalu kemana lagi sisanya?

Sosigenes menggabungnya menjadi 1 hari setiap empat tahun sekali. Nah, itulah yang disebut tahun kabisat. Bulan Februari terpilih sebagai bulan untuk tahun kabisat dikarenakan jumlah harinya yang paling sedikit setiap tahunnya.

Selain itu Februari juga ternyata menjadi bulan terakhir karena King Numa Pompilius menambahkan bulan Januari dan Februari untuk melengkapi 10 bulan yang sudah ada sebelumnya demi 'memperbaiki' jumlah hari yang ada setahun. Karena Februari bulan terakhir, maka ini adalah sasaran empuk untuk mengambil sehari dari jumlah hari yang dimilikinya.

Dalam perkembangannya, penyesuaian kriteria kalender kabisat pun juga diperbaiki. Setelah dipakai selama 1500 tahun, penanggalan ini kembali menimbulkan masalah. Pasalnya, setelah 1500 tahun, kesalahan penghitungan ini jadi selisih 10 hari, menurut perhitungan dokter Aloysius Lilius, astronomer Italia abad ke-16.

Akhirnya Paus Gregorius XIII mengubah ketentuan penambahan dan membuat kalender Gregorian. Dalam aturan ini mereka memutuskan untuk menerapkan kriteria tahun kabisat. Melalui penetapan ini, tahun kabisat adalah tahun yang habis dibagi empat. Hanya, ini tak berlaku untuk abad baru atau kelipatan 100, tahunnya harus habis dibagi 400. Penanggalan ini diresmikan pada tahun 1582.

Meski demikian, penanggalan kabisat seperti ini pun belum 100 persen akurat. Dalam kurun waktu ribuan tahun lagi, perhitungan ini akan kembali meleset satu hari.

Sumber: http://www.merdeka.com/peristiwa/asal-mula-tahun-kabisat.html
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Awal Mula Tahun Kabisat Terbentuk Pada Penanggalan Di Kalender
Ditulis Oleh Hary Muhlia
DILARANG KERAS Copy Paste 100% artikel ini!!! Artikel ini dilindungi dengan setifikat DMCA.com Protection Status Protected, silahkan edit minimal 60% adalah hasil narasi anda sendiri dan jangan lupa sertakan link yang menuju ke artikel Awal Mula Tahun Kabisat Terbentuk Pada Penanggalan Di Kalender ini sebagai sumbernya. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

Bagikan ke

Iklan Anda
Berkomentar dengan
atau
silahkan tentukan pilihan sobat!

12 komentar:

  1. http://aarkurblog.blogspot.co.id/ visit bro

    BalasHapus
  2. nice info.. salam kenal dan sukses selalu..

    BalasHapus
  3. tetep aja mengikut ke th hijriah jml blnnya

    BalasHapus
  4. artikel nya sangat bermanfaat, untuk penambahan ilmu baru.

    BalasHapus
  5. awalmulanya 10 bln, kok jadi ikutan 12 bulan seperti orang muslim

    BalasHapus
  6. orang barat malu kalau mengikuti hitungan umat islam pakai hitungan putaran bulan

    BalasHapus
  7. titik awal bulan dan akhir bulan umatislam memnentukannya dengan putaran bulan

    BalasHapus
  8. ternyata lebih akurat hitungan bulan umat islam krn didasarkan pada putaran bulan..

    BalasHapus
  9. banyak sekali ahli-ahli fisika muslim sebelum munculnya fisikiawan non muslim

    BalasHapus
  10. kabisat adalah tahun untuk tandingan kalender umat muslim,dimana telah lebih dahulu perhitungan hari oleh ilmuan muslim

    BalasHapus

1.Jangan lupa koment yah kawan,untuk mempererat silaturahim.
2.Komentar Tanpa Moderasi. Yang mau pasang Link,gunakan NAME/URL atau Open ID.
3.Silahkan kawan becanda,asal dengan etika.
4.Terimakasih kunjungan dan komentarnya kawan,Mohon maaf jika belum bisa berkunjung balik
5.Tetap tersenyum meskipun sedih.

© 2013 Harysukasuka - All Rights Reserved | Disclaimer | Privacy Policy
Template by IdleCreative
Back to Top